Pengertian Saham

Pengertian saham seringkali disamakan dengan obligasi. Padahal, saham dan obligasi sangatlah berbeda. Supaya dapat membedakan saham dan obligasi, artikel berikut ini akan membahas tentang perbedaan segamblang-gamblangnya tentang keduanya.

Pengertian saham

Adalah bukti kepemilikan seseorang terhadap sebuah perusahaan, yang berwujud lembaran kertas yang berisi bahwa perusahaan yang menerbitkan saham tersebut adalah pemilik lembaran kertas itu. Masih bingung?

Jadi begini, coba kita bayangkan, si A ingin mendirikan usaha restoran. Ia membutuhkan dana sekitar 50% dari total keseluruhan. Sehingga ia butuh 50% lagi untuk menutup semua biayanya. Si B dan si C kemudian bersedia membantu si A dengan menyerahkan uang masing-masing senilai 25%. Istilahnya patungan. Nah, si B dan si C ini memiliki tanda bukti berupa lembaran kertas yang kemudian disebut saham itu sendiri, sebagai bukti kepemilikan modal pada perusahaan si A. Besarnya keuntungan masing-masing pemilik saham juga tergantung dengan besarnya nilai saham yang ditanam.

Karena si B dan si C juga merupakan pemilik perusahaan, alhasil, si B dan si C juga berhak menyuarakan pendapatnya untuk kebijakan perusahaan. Jadi, tidak hanya berupa harta atau modal yang tersimpan dalam perusahaan. Tetapi memiliki otoritas itu tadi.

Pengertian Obligasi

Obligasi adalah surat yang berisi tanda bukti bahwa perusahaan telah berhutang sejumlah uang kepada pemegang obligasi atau pembeli obligasi. Obligasi diterbitkan oleh perusahaan yang memiliki hutang. Obligasi juga berisi tentang bunga yang nantinya harus dibayarkan oleh perusahaan kepada pemegang obligasi. Seperti halnya saat kita meminjam di bank, obligasi juga “mengandung” bunga dengan pembayaran secara periodik.

Jadi begini, PT. Indah Properti mengalami kebankrutan yang membutuhkan dana untuk menutup kebutuhan perusahaan. Kemudian, PT. Indah berhutang kepada seorang/instansi A sejumlah dana. Setelah ada kesepakatan, si A akhirnya menghutangkan uangnya kepada PT. Indah Properti. Dengan syarat, PT. Indah Properti mampu membayar hutang dan bunga hutangnya secara periodik. Jika semua sudah sepakat untuk transaksi utang piutang, maka PT. Indah Properti harus menerbitkan surat obligasi, yang nantinya akan dipegang oleh si A.

 

Saham dan Obligasi jika diartikan secara awam mungkin dianggap sama. Padahal, keduanya sangat berbeda. Meskipun sama-sama berupa harta yang tersimpan dalam perusahaan. Jadi, saham merupakan modal, kalau obligasi merupakan piutang.

*Piutang: uang yang dipinjamkan

About these ads

3 thoughts on “Pengertian Saham

  1. Woah! I’m really enjoying the template/theme
    of this site. It’s simple, yet effective. A lot of times it’s challenging
    to get that “perfect balance” between superb usability and appearance.

    I must say you’ve done a excellent job with this.
    In addition, the blog loads very quick for me on Chrome.
    Outstanding Blog!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s